Selasa, 29 Maret 2011

Radiasi Nuklir Jepang Telah Merambah ke Tokyo

Beberapa ledakan pada reaktor telah mengurangi kekuatan struktur pelindung di sekitar reaktor.
Warga Jepang yang dievakuasi diperiksa di pusat pemeriksaan di kota Koriyama berkaitan dengan radiasi yang mengancam setelah pusat pembangkit listrik tenaga nuklir rusak akibat gempa dan Tsunami.
Foto: AP
Warga Jepang yang dievakuasi diperiksa di pusat pemeriksaan di kota Koriyama berkaitan dengan radiasi yang mengancam setelah pusat pembangkit listrik tenaga nuklir rusak akibat gempa dan Tsunami.

Pejabat Jepang berjuang untuk mencegah bencana besar nuklir, setelah serangkaian ledakan di PLTN yang rusak meningkatkan resiko kebocoran radiasi yang serius.

Dalam pernyataan lewat televisi hari Selasa, Perdana Menteri Naoto Kan memperingatkan bahwa tingkat radiasi di sekitar PLTN Fukushima “sangat tinggi” dan ada resiko radiasi lebih besar. Siapapun yang tinggal dalam radius 30 kilometer dari PLTN itu diminta untuk tetap berada di dalam rumah.

Badan Energi Atom Internasional mengatakan sebuah ledakan pada reaktor nomor dua kemungkinan telah mengurangi kekuatan struktur pelindung di sekitar reaktor dan meningkatkan resiko kebocoran lebih besar. Ledakan-ledakan juga dilaporkan hari Selasa pada dua reaktor lainnya.  

Para pekerja telah menggunakan air laut sebagai tindakan darurat untuk mendinginkan batang bahan bakar nuklir pada reaktor nomor dua setelah sistem pendingin mati minggu lalu akibat gempa dan tsunami yang menghancurkan Jepang timur laut.

Batang-batang bahan bakar nuklir dalam reaktor menjadi sangat panas hari Selasa, setelah menguapkan air lewat pendingin lebih cepat dari pada seharusnya. Ketika hal itu terjadi, batang-batang bahan bakar itu menjadi teramat panas dan mulai meleleh dan melepaskan radiasi yang sangat tinggi.

Hari Selasa, IAEA juga mengatakan api berkobar di  kolam penyimpanan batang bahan bakar nuklir yang telah terpakai di unit nomor empat PLTN itu, dan bahan radioaktif itu langsung lepas ke udara, dengan tingkat setara 4000 kali sinar X tiap kali orang dipotret dengan sinar itu.

Kebakaran itu telah dipadamkan namun pejabat Jepang mengatakan air di kolam penyimpanan itu sudah mencapai titik didih. Para pejabat di fasilitas itu mengatakan mereka mempertimbangkan menggunakan helikopter untuk menambahkan air ke kolam itu.

Semua karyawan yang tidak esensial telah dievakuasi dari fasilitas itu sebelum api dipadamkan beberapa saat sebelum tengah hari waktu setempat. Hanya beberapa karyawan yang tinggal untuk terus memompa air laut ke tiga reaktor yang rusak untuk menjaga agar batang bahan bakar tidak meleleh.

Peningkatan radiasi telah dideteksi sampai ke Tokyo, sekitar 240 kilometer di selatan PLTN itu, namun pejabat mengatakan tingkat radiasi disana belum mengancam kesehatan publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar